RPP Sitem Periodik Unsur

Posted: Juli 12, 2012 in RPP Materi Kimia

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

  1. IDENTITAS
    1. Satuan pendidikan      : SMAN
    2. Mata Pelajaran            : KIMIA
    3. Kelas / Semester          : X / 1
    4. Tema / Topik               : SISTEM PERIODIK UNSUR
    5. Alokasi Waktu            :  1 x 25 MENIT

 

  1. STANDAR KOMPETENSI

Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan ikatan kimia

 

  1. KOMPETENSI DASAR

Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron

 

  • Karakter siswa yang diharapkan :

Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan, Dapat dipercaya, Rasa hormat, Perhatian, Tekun, Berani, Ketulusan, Integritas, Peduli

  • Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :

Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

 

  1. INDIKATOR
    1. Menjelaskan sifat-sifat unsur dalam sistem periodik unsur berdasarkan jari-jari atom
    2. Menjelaskan sifat-sifat unsur dalam sistem periodik unsur berdasarkan energi ionisasi

 

  1. TUJUAN PEMBELAJARAN

Dari pembelajaran yang dilakukan diharapkan siswa dapat,

  1. Menjelaskan sifat-sifat unsur dalam sistem periodik unsur berdasarkan jari-jari atom
  2. Menjelaskan sifat-sifat unsur dalam sistem periodik unsur berdasarkan energi ionisasi
  3. MATERI AJAR

Sifat Periodik Unsur-Unsur

Sistem Periodik Unsur mengelompokkan unsur-unsurnya berdasarkan nomor atom dan sifat-sifatnya. Secara umum sifat-sifat unsur berubah secara teratur sesuai dengan perubahan nomor atomnya. Sifat-sifat unsur yang berubah secara teratur ini disebut sifat periodik unsur-unsur. Sifat-sifat unsur dalam sistem periodik meliputi jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron, dan keelektronegatifan. Penjelasan lebih lanjut tentang sifat-sifat atom tersebut sebagai berikut :

  1. Jari-jari Atom

 

Jari-jari atom adalah jarak dari inti atom hingga kulit terluarnya. Secara umum teramati bahwa jari-jari atom dalam satu golongan akan semakin besar dari atas ke bawah. Sementara itu, dalam satu periode semakin kekanan jari-jari atom semakin kecil.

Dalam satu golongan, unsur-unsur dari atas ke bawah jari-jari atomnya semakin besar karena jumlah kulit atom semakin bertambah. Sedangkan dalam satu periode semua unsur memiliki jumlah kulit atom yang sama. Semakin ke kanan letak suatu unsur dalam sistem periodik, semakin bertambah jumlah elektron pada kulit terluarnya, yang diikuti dengan bertambahnya jumlah proton pada inti atom. Dengan demikian, gaya tarik-menarik antara proton dan elektron semakin besar dan akibatnya jari-jari atom semakin kecil.

 

 

 

 

 

 

 

 

Contoh :

  1. Penambahan kulit dalam dalam 1 golongan terhadap jari-jari atom

3Li          = 2 1 (jumlah kulit 2)

11Na        = 2 8 1 (jumlah kulit 3)

19K         = 2 8 8 1 (jumlah kulit 4)

Berdasarkan konfigurasi diatas K memiliki jumlah kulit sebanyak 4 sehingga K memiliki jari-jari atom yang lebih besar dibandingkan Na dan Li. Sedangkan Li memiliki jari-jari atom yang kecil karena memiliki jumlah kulit sebanyak 2 yang lebih sedikit dibandingkan Na dan K.

  1. Pengaruh bertambahnya gaya tarik-menarik antara inti atom dan elektron dengan bertambahnya nomor atom terhadap jari-jari atom dalam 1 periode.

3Li          = 2 1

4Be         = 2 2

5B           = 2 3

Berdasarkan konfigurasi diatas B memiliki jumlah elektron terluar sebanyak 3 sehingga gaya tarik-menarik antara elektron dan inti atom semakin kuat yang menyebabkan B memiliki jari-jari atom yang kecil dibandingkan Be dan Li. Sedangkan Li memiliki jumlah elektron terluar sebanyak 1 sehingga gaya tarik menarik antara elektron dan inti atom kecil yang menyebabkan Li memiliki jari-jari atom yang lebih besar dibandingkan Be dan B.

  1. Energi ionisasi

 

Energi ionisasi adalah energi minimum yang dibutuhkan untuk melepaskan 1 elektron terluar dari atom. Secara umum dalam satu golongan semakin ke bawah, harga energi ionisasi semakin kecil. Sebaliknya dalam satu periode, semakin  ke kanan harga energi ionisasinya semakin besar.

Dalam satu golongan, semakin ke bawah dengan bertambahnya kulit atom, jari-jari atom semakin meningkat. Dengan demikian, elektron terluarnya akan semakin lemah tertarik ke inti atom. Hal ini menjadikan elektron semakin kurang kuat terikat dan semakin mudah dilepaskan.

Dalam satu periode unsur-unsur memiliki jumlah kulit atom yang sama. Semakin ke kanan letak suatu unsur dalam sistem periodik, semakin bertambah jumlah elektron pada kulit terluarnya. Keadaan ini diikuti dengan bertambahnya jumlah proton pada inti atom, sehingga gaya tarik-menarik antara proton dan elektron semakin besar. Akibatnya elektron terluarnya menjadi semakin kuat tertarik oleh inti atom. Hal ini menjadikan elektronnya semakin sulit dilepaskan.

 

 

 

 

Contoh :

  1. Penambahan kulit dalam dalam 1 golongan terhadap energi ionisasi

3Li          = 2 1 (jumlah kulit 2)

11Na        = 2 8 1 (jumlah kulit 3)

19K         = 2 8 8 1 (jumlah kulit 4)

Berdasarkan konfigurasi diatas K memiliki jumlah kulit sebanyak 4. Dengan demikian, elektron terluarnya akan semakin lemah tertarik ke inti atom. Hal ini menjadikan elektron semakin kurang kuat terikat dan mudah dilepaskan sehingga K memiliki energi ionisasi yang kecil dibandingkan Na dan Li. Sedangkan Li memiliki energi ionisasi yang besar karena memiliki jumlah kulit sebanyak 2 yang lebih sedikit dibandingkan Na dan K. Dengan demikian, elektron terluarnya akan semakin kuat tertarik ke inti atom. Hal ini menjadikan elektron semakin kuat terikat dan sulit dilepaskan sehingga Li memiliki energi ionisasi yang besar dibandingkan Na dan K.

  1. Pengaruh bertambahnya gaya tarik-menarik antara inti atom dan elektron dengan bertambahnya nomor atom terhadap energi ionisasi dalam 1 periode.

3Li          = 2 1

4Be         = 2 2

5B           = 2 3

Berdasarkan konfigurasi diatas B memiliki jumlah elektron terluar sebanyak 3. Dengan demikian, gaya tarik-menarik antara elektron dan inti atom semakin kuat yang menyebabkan elektron terluarnya menjadi semakin kuat tertarik oleh inti atom dan elektronnya semakin sulit dilepaskan sehingga B memiliki energi ionisasi yang besar dibandingkan Be dan Li. Sedangkan Li memiliki jumlah elektron terluar sebanyak 1 sehingga gaya tarik menarik antara elektron dan inti atom kecil yang menyebabkan Li memiliki energi ionisasi yang lebih kecil dibandingkan Be dan B.

 

  1. METODE PEMBELAJARAN
  • Kombinasi STAD dan NHT
  • Tanya Jawab
  • Penugasan

 

  1. ALOKASI WAKTU
  • 1 x 25 menit
    • Strategi Pembelajaran
Tatap Muka Terstruktur Mandiri
  • Memahami sifat – sifat sistem periodik unsur pada jari-jari atom dan energi ionisasi
 Mengkaji sifat-sifat sistem periodik unsur jari-jari atom dan energi ionisasi pada sesi tanya jawab  Siswa dapat menjelaskan sifat-sifat sistem periodik unsur jari-jari atom dan energi ionisasi

 

  1. SKENARIO  PEMBELAJARAN

ü  Kegiatan Awal ( 5 menit )

  • Salam Pembuka
  • Do’a
  • Absen
  • Apersepsi : Guru menggali pengetahuan siswa tentang sistem periodik unsur: Kalian pasti mengenal berbagai macam buah. Ada apel, jeruk, tomat, mangga, anggur, dan lain sebagainya. Bagaimana ciri-ciri buah apel ? Bagaimna ciri-ciri buah jeruk ? Apakah kedunya mempunyai ciri yang sama ? “siswa menjawab”, lalu guru menambahkan, pada pengetahuan tentang sistem periodik unsur.  Setiap jenis buah memiliki rasa, warna, bau, bahkan bentuk yang berbeda-beda. Oleh karena itu kita tidak akan salah menunjukkan buah apel dengan buah jeruk, dan sebaliknya. Para ahli kimia juga memikirkan hal yang sama pada unsur-unsur kimia. Dari hasil penelitian, para ahli mengetahui bahwa setiap unsur memiliki sifat- sifat yang berlainan.
  • Motivasi : Guru memotivasi siswa untuk dapat menjelaskan sifat-sifat sistem periodik unsur meliputi jari-jari atom dan energi ionisasi, dapat membedakan sifat-sifat sistem periodik unsur yang meliputi jari-jari atom dan energi ionisasi.

ü Kegiatan Inti ( 15 menit )

  1. 1.         EKSPLORASI

Dalam kegiatan eksplorasi, guru :

  • Pegenalan sifat-sifat sistem periodik unsur. ( nilai yang di tanamkan : Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan, Dapat dipercaya, Rasa hormat, Perhatian, Tekun, Berani, Ketulusan, Integritas, Peduli ).
  • Membahas sifat-sifat sistem periodik unsur yang meliputi jari-jari atom dan energi ionisasi ( nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan, Dapat dipercaya, Rasa hormat, Perhatian, Tekun, Berani, Ketulusan, Integritas, Peduli ).

 

  1. 2.      ELABORASI

Dalam kegiatan elaborasi, guru :

  • Menjelaskan sifat-sifat sistem periodik unsur ( nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan, Dapat dipercaya, Rasa hormat, Perhatian, Tekun, Berani, Ketulusan, Integritas, Peduli ).
  • Menjelaskan sifat-sifat sistem periodik unsur yang meliputi jari-jari atom dan energi ionisasi ( nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan, Dapat dipercaya, Rasa hormat, Perhatian, Tekun, Berani, Ketulusan, Integritas, Peduli ).
  • Latihan untuk menentukan sifat-sifat sistem periodik unsur yamg meliputi jari-jari atom dan energi ionisasi ( nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan, Dapat dipercaya, Rasa hormat, Perhatian, Tekun, Berani, Ketulusan, Integritas, Peduli ).

 

  1. 3.    KOMFIRMASI

Dalam kegiatan komfirmasi, guru :

  • Memberikan umpan balik tentang hal-hal yang belum diketahui ( nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan, Dapat dipercaya, Rasa hormat, Perhatian, Tekun, Berani, Ketulusan, Integritas, Peduli ).
  • Menjelaskan tentang hal- hal yang belum diketahui ( nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan, Dapat dipercaya, Rasa hormat, Perhatian, Tekun, Berani, Ketulusan, Integritas, Peduli ).
  • Menyimpulkan dan memberi penguatan tentang hal – hal yang belum diketahui ( nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan, Dapat dipercaya, Rasa hormat, Perhatian, Tekun, Berani, Ketulusan, Integritas, Peduli ).

 

ü Kegiatan Akhir ( 5 menit )

  • Menyimpulkan sifat-sifat sistem periodik unsur yamg meliputi jari-jari atom dan energi ionisasi ( nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan, Dapat dipercaya, Rasa hormat, Perhatian, Tekun, Berani, Ketulusan, Integritas, Peduli ).

 

  1. ALAT DAN SUMBER BELAJAR

Alat :

  • Papan tulis
  • spidol
  • penghapus
  • LCD

 

 

Sumber belajar:

  • Purba, Michael. 2009. Kimia Untuk SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga
  • Pranowo, Deni dkk. 2004. Kimia Untuk Kelas X : Intan Pariwara

 

  1. INSTRUMEN PENILAIAN
    1. Penilaian kognitif, guru memberikan pertanyaan secara lisan.
    2. Penilaian afektif, penilaian ini dilakukan oleh guru melalui komentar atau pertanyaan.

 

 

Mengetahui                                                                        Pontianak,  29 Mei 2012

Kepala Sekolah                                                                          Guru mata Pelajaran

 

 

(…………………..…)                                                              (…………………..…)

NIP                                                                                           NIP

 

 

Lampiran

Soal Evaluasi !

  1. Apa yang dimaksud dengan jari-jari atom dan bagaimana kecenderungan unsurnya dalam satu golongan dan satu periode ? (Point 50)
  2. Apa yang dimaksud dengan energi ionisasi dan bagaimana kecenderungan unsurnya dalam satu golongan dan satu periode ? (Point 50)

Jawaban :

  1. Jari-jari atom adalah jarak dari inti atom hingga kulit terluarnya. Jari-jari atom dalam satu golongan akan semakin besar dari atas ke bawah. Sementara itu, dalam satu periode semakin kekanan jari-jari atom semakin kecil.
  2. Energi ionisasi adalah energi minimum yang dibutuhkan untuk melepaskan 1 elektron terluar dari atom. Dalam satu golongan semakin ke bawah, harga energi ionisasi semakin kecil. Sebaliknya dalam satu periode, semakin  ke kanan harga energi ionisasinya semakin besar.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s